Saturday, March 20, 2010

Tugas : Analisis Sistem

Analisis Sistem


Definisi Analisis Sistem :
Penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan, kesempatan, hambatan yang terjadi dan
kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan.
Tahap analisis dilakukan setelah tahap perencanaan sistem dan sebelum tahap desain sistem. Tahap ini merupakan tahap yang kritis dan sangat penting, karena kesalahan dalam tahap ini menyebabkan kesalahan pada tahap selanjutnya.

Tugas utama dari menganalisis sistem meliputi :
* Menentukan lingkup sistem
* Mengumpulkan fakta
*Menganalisis fakta
*Mengkomunikasikan temuan-temuan tersebut melalui laporan analisis sistem

Analis sistem harus mempunyai pengetahuan yang cukup tentang aplikasi yang sedang dianalisisnya. Untuk aplikasi bisnis, analis sistem perlu mempunyai pengetahuan tentang sistem bisnis yang diterapkan di organisasi, sehingga dapat mengidentifikasi penyebab terjadinya masalah ini.
Tugas mengidentifikasi penyebab masalah dimulai dengan mengkaji ulang terlebih dahulu subyek permasalahan yang telah diutarakan oleh manajemen atau yang telah ditemukan oleh analis sistem di tahap perencanaan sistem.

Keuntungan menganalisis sistem adalah untuk memperbaiki sistem yang telah ada menjadi sistem yang baru, dan kerugian dari menganalisis sistem yang sekarang adalah sistem yang dihasilkan tidak relevan.

*MENGAPA ANALISIS SISTEM DIPERLUKAN???*
Analisis sistem diperlukan agar sistem yang telah ada dapat di perbaharui sesuai dengan perkembangan jaman, dengan tujuan untuk mengetahui kebutuhan para pemakainya.

0 Comments: